Otomotif

Awas! Microsleep Penyebab Utama Kecelakaan Berkendara pada waktu Mudik 2024

36
×

Awas! Microsleep Penyebab Utama Kecelakaan Berkendara pada waktu Mudik 2024

Sebarkan artikel ini
Awas! Microsleep Penyebab Utama Kecelakaan Berkendara pada waktu Mudik 2024

JAKARTA – Terdapat beraneka persoalan hukum kecelakaan yang digunakan berjalan dijalan ditimbulkan dari kejadian Microsleep karena kelalahan melakukan perjalanan mudik. Microsleep adalah kelainan tidur ringan yang terjadi di waktu singkat, sekitar 5-10 detik saja.

Meskipun singkat, jikalau microsleep terjadi pada pada waktu Anda berkendara maka hilangnya fokus akan sangat berbahaya dan juga dapat mengakibatkan kecelakaan.

Coba bayangkan jikalau seseorang mengemudikan mobil pada kecepatan 80 km/jam serta kemudian terbentuk microsleep selama lima detik. Waktu singkat yang disebutkan mobil melaju tanpa kendali hingga 125 meter.

Tentu hal yang disebutkan memiliki kemungkinan menyebabkan kecelakaan yang fatal. Kebanyakan penduduk tidaklah sadar bila ia sedang mengalami tidur singkat.

Microsleep biasa disebabkan sebab komponen kelelahan, kurang tidur, dan juga pola tidur yang berantakan sehingga dapat mengacaukan fokus di berkendara.

Tentunya microsleep ini harus dihindari dalam di mengendarai sebuah kendaraan. Itu merupakan status dimana akan sangat berbahaya apabila Anda paksakan untuk melanjutkan kembali perjalanan. Ada beberapa cara mengenai cara mengatasi microsleep ketika melakukan perjalanan :

1. Penuhi permintaan tidur Anda

Perlunya waktu istirahat untuk menimbulkan Anda merasa vit dan juga tiada mengantuk ketika melakukan perjalanan. Orang dewasa memerlukan istirahat tidur setidaknya 7-9 jam pada satu hari. Jika Anda merasa kurang tidur sebaiknya lanjutkan istirahat Anda lalu jangan melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

2. Sebelum berkendara lakukan peregangan ringan

Artikel ini disadur dari Awas! Microsleep Penyebab Utama Kecelakaan Berkendara saat Mudik 2024