Otomotif

Lebih Ramah Lingkungan dari Listrik, Bajaj Luncurkan Motor Bertenaga CNG

36
×

Lebih Ramah Lingkungan dari Listrik, Bajaj Luncurkan Motor Bertenaga CNG

Sebarkan artikel ini
Lebih Ramah Lingkungan dari Listrik, Bajaj Luncurkan Motor Bertenaga CNG

NEW DELHI – Bajaj adalah salah satu produsen kendaraan beroda dua motor terbesar ke dunia serta miliki kolaborasi erat dengan merek ternama salah satunya KTM serta Triumph.

Seperti dilansir dari Rideapart, terbaru, Bajaj akan meluncurkan barang terbarunya melalui sepeda gowes motor bertenaga Compressed Natural Gas (CNG).

Hal ini sudah dikonfirmasi oleh ketua eksekutif Bajaj Rajiv Bajaj awal tahun ini serta peluncurannya dijadwalkan pada bulan Juni.

Menariknya, paten terbaru dari sepeda gowes motor yang disebutkan sudah dipublikasikan dan juga memberikan beberapa informasi penting yang digunakan dapat diharapkan mendekati peluncuran resminya nanti.

Sebagai catatan, Bajaj memiliki pengalaman luas pada produksi mesin CNG. Sebab, dia memproduksi kendaraan roda tiga bertenaga CNG dengan hitungan produksi 70.000 unit per bulan.

CNG banyak digunakan pada India selain memakan biaya yang mana diskon sehingga pemindahan teknologi yang dimaksud sejenis ke kendaraan roda dua (sepeda motor) relevan pada negara tersebut.

CNG menggunakan gas metana (CH4) dan juga menghasilkan kembali polusi yang lebih banyak sedikit dibandingkan gas atau solar. Namun metana adalah gas sehingga menyimpannya pada di sepeda gowes motor merupakan tantangan besar.

Berdasarkan paten Bajaj, mereka menyebabkan sketsa bagaimana mesin satu silinder akan mengandung gas alam terkompresi lalu dapat dipasang pada kendaraan beroda dua motor konvensional.

Namun desain yang mana lebih besar rumit ditujukan pada bagian rangka yang menggunakan sasis tipe ‘teralis tabung baja’ yang dimaksud dikembangkan khusus untuk menampung mesin dan juga ruang penyimpanan gas CNG.

Sepeda motor bertenaga CNG tak fokus pada performa, melainkan kendaraan seperti ini tidak mahal untuk dioperasikan kemudian cocok untuk konsumen di India yang dimaksud mencari kendaraan beroda dua motor berbiaya rendah.

Artikel ini disadur dari Lebih Ramah Lingkungan dari Listrik, Bajaj Luncurkan Motor Bertenaga CNG