Otomotif

6 Tips Merawat Motor Injeksi agar Tetap Prima lalu Awet

35
×

6 Tips Merawat Motor Injeksi agar Tetap Prima lalu Awet

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Motor injeksi telah terjadi bermetamorfosis menjadi pilihan favorit bagi banyak pengendara lantaran efisiensi lalu performa yang digunakan lebih banyak baik dibandingkan dengan motor karburator. Motor jenis ini dibekali dengan teknologi mumpuni di bagian mesin pembakarannya. Namun, untuk melindungi agar motor injeksi kekal berjalan lancar dan juga awet, diperlukan perawatan yang tepat,

Dilansir dari MyPertamina, berikut tips merawat motor injeksi agar masih pada kondisi prima:

1. Selalu Perhatikan Kondisi Aki

Kondisi aki berubah menjadi hal pertama yang tersebut mesti rutin dicek oleh para mengguna motor injeksi. Sebab untuk menghidupkan mesin serta sistem pembakar diperlukan aki yang cukup. Maka penting mengganti motor aki di mana motor tiada mampu menciptakan arus. Jika dibiarkan maka akan memperparah keadaan motor. 

2. Ganti Oli Secara Teratur

Ditekankan untuk melakukan penggantian oli secara berkala. Idealnya, oli motor injeksi harus diganti setiap 2 bulan sekali, atau pada saat motor sudah menempuh jarak 1.000 kilometer. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti oli gear setiap 5.000 kilometer untuk memaksimalkan kinerja gear motor injeksi yang tersebut Anda miliki.

3. Perawatan Busi

Selanjutnya, keadaan busi motor juga diperlukan mendapatkan perhatian rutin. Pasalnya, busi adalah komponen yang dimaksud memiliki peran sebagai pemantik api pada rute pembakaran mesin. Jika busi motor Anda rusak, langkah-langkah pembakaran mesin berubah menjadi tidaklah sempurna juga mengakibatkan mesin motor tidak ada dapat menyala atau mati. 

4. Servis Kendaraan Motor Secara Berkala

Tips keempat di perawatan motor injeksi agar masih prima adalah dengan melakukan servis kendaraan secara berkala. Idealnya, servis ini dilaksanakan setiap 3.000 kilometer atau sesuai dengan buku petunjuk servis yang dimaksud Anda miliki. Namun, jikalau Anda banyak menggunakan sepeda gowes motor sebagai kendaraan sehari-hari, tidaklah ada salahnya apabila Anda melakukan servis setiap satu bulan sekali untuk mempertahankan agar performa mesin tetap prima.

5. Pemeriksaan ECU

ECU adalah singkatan dari Electronic Control Unit, yang mana merupakan otak dari pengoperasian mesin motor injeksi yang Anda miliki. Mulai dari takaran komponen bakar yang dimaksud akan disemprotkan hingga mengakses atau tutup klep injektor, semua ini diatur oleh ECU.

Jika ECU mengalami gangguan, sudah ada bisa saja dipastikan kinerja mesin motor secara keseluruhan juga bisa jadi terganggu. Karena itu, melakukan pengecekan pada ECU juga merupakan salah satu bentuk perawatan motor injeksi yang digunakan harus diperhatikan. 

6. Pilih Bahan Bakar Dengan Kuantitas Oktan yang Tinggi

Terakhir adalah menggunakan material bakar yang miliki nilai oktan 90 atau lebih. Bahan bakar jenis ini bisa saja membantu proses pembakaran motor injeksi berubah jadi lebih banyak sempurna. Misalnya unsur bakar Pertamax dari Pertamina yang mana memiliki nilai oktan 92. Dengan nilai ini, maka mesin pembakaran akan berubah jadi lebih tinggi sempurna sehingga bukan meninggalkan residu yang mana dapat meninggalkan kerak.

Selain itu, Pertamax dari Pertamina juga memiliki formula PERTATEC (Pertamina Technology) yang memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin, sehingga mesin kendaraan terhindar dari karat, awet, dan juga memproduksi pengaplikasian materi bakar jadi lebih lanjut efisien.

Honda CRF 150L Menggunakan Sistem Injeksi, Hal ini Alasannya

Artikel ini disadur dari 6 Tips Merawat Motor Injeksi agar Tetap Prima dan Awet