Otomotif

Bedah fasilitas ADAS pada NETA V-II, ada apa saja?

22
×

Bedah fasilitas ADAS pada NETA V-II, ada apa saja?

Sebarkan artikel ini
Bedah prasarana ADAS pada NETA V-II, ada apa saja?

DKI Jakarta (ANTARA) – Teknologi pintar yang digunakan pada masa kini berubah menjadi daya saing pada sektor otomotif ialah Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), fasilitas ini juga ditawarkan pada item terbaru NETA, yakni NETA V-II.

ADAS berfungsi untuk meningkatkan keamanan kemudian kenyamanan berkendara dalam mana teknologi ini menggabungkan sensor, kamera juga sistem pintar menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang tersebut dapat mendeteksi area mobil sehingga membantu pengemudi menghindari kemungkinan kecelakaan ketika sedang berkendara. 

Kelengkapan lalu ragam fasilitas pada ADAS yang digunakan ditawarkan tiap mobil pun beragam. Menurut siaran pers, Senin, NETA V-II miliki layanan Smart Driving dengan 9 fungsi ADAS.

Fitur pertama ialah Forward Collision Warning (FCW). Teknologi ini mampu mendeteksi objek pada sekitar depan kendaraan yang tersebut berisiko tertabrak, kemudian akan memberikan peringatan keras untuk pengemudi.

Baca juga: NETA mulai produksi mobil listrik V-II di dalam Bekasi

FCW berhubungan dengan segera dengan layanan kedua mobil ini yakni Automatic Emergency Braking (AEB).

Ketika mobil mendeteksi objek yang digunakan berkemungkinan mengakibatkan tabrakan, sistem akan melakukan bantuan pengereman otomatis untuk menghurangi dampak tabrakan.

Selanjutnya, NETA V-II juga sudah pernah dilengkapi Front Vehicle Start Alert (FVSA), berfungsi mendeteksi pergerakan objek yang mana ada dalam mobil.

Saat status berhenti ke lampu merah, dan juga rambu-rambu berubah hijau, kemudian kendaraan di depan NETA V-II menggerakkan maju, sistem akan memberikan peringatan tegas berbentuk ucapan terhadap pengendara bahwa kendaraan di dalam depan telah dilakukan melaju.

Baca juga: Ini alasan NETA tambahan dulu umumkan nilai NETA V-II varian tertinggi

Fitur Full- Speed Adaptive Cruise Control (ACC) pada mobil ini membantu mobil berakselerasi kemudian deselerasi secara otomatis, menyesuaikan kecepatan kendaraan di depannya.

Tak belaka itu, mobil yang dirancang untuk menunjang mobilitas perkotaan ini juga dilengkapi layanan ADAS Traffic Jam Assist (TJA).

Sistem ini adalah bagian dari Adaptive Cruise Control (ACC) yang membaca jarak mobil di depannya lalu membantu mobil berakselerasi kemudian deselerasi secara otomatis pada waktu berada ke kemacetan atau ketika pada jalan raya, memberikan pengalaman berkendara yang digunakan nyaman, dan juga menurunkan kelelahan berkendara ketika macet.

Baca juga: NETA targetkan perdagangan 10 ribu mobil listrik tahun ini

NETA V-II dapat melaju lalu mempertahankan kecepatannya sesuai nomor yang tersebut telah terjadi ditentukan dengan minimal kecepatan pada berhadapan dengan 60 km/jam, berkat ciri Intelligent Cruise Assist (ICA).

Sistem ini membantu menyimpan mobil agar terus-menerus berada di jarak yang tersebut aman dari mobil di dalam depan. Umumnya ICA santai digunakan pada waktu melaju dalam jalan tol.

Lebih lanjut, NETA V versi terbaru ini juga sudah pernah dibekali Lane Departure Warning (LDW). Fitur ini membantu mendeteksi apabila mobil mengundurkan diri dari garis jalur tanpa disengaja kemudian akan memberikan peringatan.

Apabila peringatan serius dari LDW diabaikan oleh pengemudi, maka sistem akan melakukan koreksi pada setir, agar mobil kembali ke lajur yang digunakan benar. Hal ini merupakan peranan dari fasilitas Emergency Lane Keeping System (ELKS).

Baca juga: Perbedaan NETA V-II dengan versi lalu, ada ADAS meskipun tambahan murah

Fitur pintar terakhir dari SUV berukuran ringkas ini adalah High Beam Assist (HBA), yang mana memungkinkan lampu depan mobil secara otomatis beralih antara lampu terpencil lalu lampu dekat, tergantung pada keadaan sesudah itu lintas.

“Mengingat situasi jalanan dalam Indonesia, khususnya ke area perkotaan yang begitu padat kerap menyebabkan pengendara cepat lelah serta kurang awas. Dengan fasilitas ADAS ini, beban pengendara dapat berkurang dapat memberikan bantuan juga mengempiskan dampak pada waktu muncul tabrakan,” ungkap Product Planning Manager PT NETA Auto Negara Indonesia Jordy Angkawidjaja.

Dilego seharga Rp299 jt (On the road Jakarta), NETA V-II juga ditawarkan dengan bervariasi keuntungan, seperti garansi seumur hidup, gratis keseimbangan PLN Mobile Rp2,5 juta, hingga gratis wall charging beserta instalasi.

Baca juga: NETA V-II dibanderol dengan biaya Rp299 juta

Artikel ini disadur dari Bedah fitur ADAS pada NETA V-II, ada apa saja?