Internasional

Hadapi China, Negeri Paman Sam Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35C lalu Kapal Induk ke Negeri Sakura

16
×

Hadapi China, Negeri Paman Sam Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35C lalu Kapal Induk ke Negeri Sakura

Sebarkan artikel ini
Hadapi China, Negeri Paman Sam Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35C kemudian Kapal Induk ke Negeri Sakura

TOKYO – Amerika Serikat (AS) mengumumkan pengerahan jet tempur siluman F-35C lalu kapal induk USS George Washington ke Jepang. Pengerahan aset tempur ini untuk menghadapi militer China yang semakin agresif dalam kawasan sekitar.

Mengutip rilis Angkatan Laut Amerika, Selasa (16/7/2024), F-35C Lightning II dari Strike Fighter Squadron 147 akan menggantikan F/A-18 Super Hornet dari Strike Fighter Squadron 115.

Selain itu, Angkatan Laut juga mengerahkan pesawat angkut C-2A dengan Skuadron Logistik Armada Greyhound 30.

Upgrade pesawat tempur Angkatan Laut Negeri Paman Sam yang berbasis dalam Negeri Matahari Terbit ini mengikuti langkah sama yang dimaksud diinformasikan pada 4 Juli oleh Angkatan Atmosfer Amerika yang digunakan akan menempatkan 48 pesawat tempur F-35A Lightning II di dalam Pangkalan Lingkungan Misawa.

Kedua skuadron Angkatan Laut Amerika Serikat yang disebutkan akan bergabung dengan Carrier Air Wing 5 yang berpangkalan pada Stasiun Udara Bebas Korps Marinir (MCAS) Iwakuni.

Angkatan Laut bukan menjelaskan batas waktu kedatangan pesawat yang disebutkan di Jepang. Namun, pesawat-pesawat itu akan beroperasi dalam melawan kapal induk USS George Washington di Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka—menggantikan kapal induk USS Ronald Reagan.

Ronald Reagan kembali ke Bremerton, Washington, pasca sembilan tahun di dalam Yokosuka.

Keputusan Angkatan Laut Amerika Serikat meng-upgrade pesawat tempur lalu pesawat angkutnya dimaksudkan untuk mengatasi ancaman kontemporer juga meningkatkan efektivitas operasional.

F-35C Lightning II yang disebut-sebut sebagai pesawat tempur paling canggih Angkatan Laut, memainkan peran penting pada upaya ini.

Artikel ini disadur dari Hadapi China, AS Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35C dan Kapal Induk ke Jepang