Internasional

9 Jet Tempur negara Ukraina Dihancurkan Rusia di Sehari

23
×

9 Jet Tempur negara Ukraina Dihancurkan Rusia di Sehari

Sebarkan artikel ini
9 Jet Tempur negara negeri Ukraina Dihancurkan Rusia pada Sehari

MOSKOW – Militer Rusia sudah menghancurkan sembilan jet tempur yang tersebut dioperasikan Angkatan Udara Bebas negeri Ukraina pada 24 jam terakhir.

Kementerian Defense (Kemhan) Rusia melaporkan perkembangan itu di pengarahan rutin pada Selasa (2/7/2024).

Sebelumnya mereka itu sudah pernah merilis rekaman yang tersebut menunjukkan serangan udara dalam lapangan terbang Mirgorod negeri Ukraina di Wilayah Poltava.

“Sebanyak tujuh jet tempur Sukhoi Su-27 hancur atau rusak akibat serangan rudal Iskander-M,” ungkap pernyataan Kemhan Rusia.

Pembaruan selanjutnya melaporkan Su-27 serta MiG-29 lainnya telah lama ditembak jatuh oleh pertahanan udara Rusia.

Mereka juga mencegat enam rudal jelajah Storm Shadow yang tersebut dipasok Inggris, satu bom luncur AASM Hammer buatan Prancis, satu roket HIMARS lalu 81 pesawat tak berawak, salah satunya drone Bayraktar TB2 buatan Turki, menurut laporan itu.

Pengamat militer Forbes David Axe mengumumkan serangan Mirgorod sebagai “salah satu hari yang tersebut paling merugikan angkatan udara Ukraina” sejak dimulainya permusuhan pada Februari 2022.

Dia menceritakan beberapa serangan Rusia yang dimaksud berhasil dalam lapangan udara negara Ukraina di beberapa bulan terakhir.

Kiev telah terjadi memohonkan pendukung asingnya memasok jet F-16 buatan Amerika Serikat (AS) oleh sebab itu negara yang dimaksud terus kehilangan pesawat militer buatan Soviet.

Artikel ini disadur dari 9 Jet Tempur Ukraina Dihancurkan Rusia dalam Sehari