Sports

Perbasi puji basket 3×3 putri lantaran raih emas AUG 2024

18
×

Perbasi puji basket 3×3 putri lantaran raih emas AUG 2024

Sebarkan artikel ini
Perbasi puji basket 3×3 putri lantaran raih emas AUG 2024

Ibukota –

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi memuji Timnas Basket 3×3 putra dan juga putri pada ASEAN University Games (AUG) 2024 akibat sukses mengharumkan nama Negara Indonesia di perlombaan ke Universitas Airlangga, Surabaya, pada Hari Jumat (28/6).

Timnas Basket 3×3 Putri mencetak sejarah dengan meraih medali emas pada edisi ke-21 AUG setelahnya mengalahkan Singapura 21-13 pada final. Ini adalah juga medali emas pertama yang diraih Negara Indonesia dari nomor 3×3.

Tim peraih medali emas ini terdiri dari Aimee Tampu Francienne, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Evelyn Fiyo, serta Thasya Heri Saputera.

"Selamat untuk Tim Basket 3×3 Putri berhadapan dengan prestasinya di dalam AUG 2024. Medali emas ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi pecinta basket serta seluruh rakyat Indonesia," kata  Nirmala Dewi di pernyataan ditulis dalam DKI Jakarta pada Sabtu.

Prestasi ini melengkapi sejarah basket Nusantara pada kategori pelajar atau mahasiswa, setelahnya Tim Basket 5on5 Putra berubah jadi juara di ASEAN Schools Games di dalam Vietnam. 

Tim Basket 3×3 Putra sendiri meraih medali perunggu AUG 2024 yang berlangsung dalam Surabaya.

Tim beranggotakan Anto Febrianto Boyratan, Bryan Fernando Korisano, Erick Ibrahim Junior, juga Mohammed Ayme Garudi Arip itu mengalahkan Laos 21-11 pada perebutan peringkat ketiga.

Perjuangan Tim Basket 3×3 Putri di meraih emas AUG 2024 tidaklah ringan oleh sebab itu harus menghadapi tekanan Singapura pada awal pertandingan, namun kemudian berbalik unggul.

“Kondisinya kemungkinan besar lantaran kami kekurangan pemain, kemudian hari ini kami juga bermain dua kali, sehingga ke awal agak tertinggal juga memang sebenarnya lawan juga unggul. Kita coba membalikkan keadaan lewat defense serta berhasil,” kata Ayu, yang berubah menjadi bagian dari Timnas Basket Putri peraih emas 5on5 pada SEA Games 2023 ke Kamboja dan juga medali perunggu 3×3 pada SEA Games 2021 ke Hanoi.

"Semoga hasil yang digunakan kami raih dalam 3×3 ini bisa saja menambah motivasi kami lagi untuk turun di dalam 5×5," tutup Ayu.

Medali emas sektor putra direbut  Filipina yang menang 21-18 melawan Malaya pada final.

Artikel ini disadur dari Perbasi puji basket 3×3 putri karena raih emas AUG 2024