Sports

Perbasi targetkan selenggarakan Piala Planet FIBA U-19 Putri pada 2027

17
×

Perbasi targetkan selenggarakan Piala Planet FIBA U-19 Putri pada 2027

Sebarkan artikel ini
Perbasi targetkan selenggarakan Piala Planet FIBA U-19 Putri pada 2027

DKI Jakarta –

PP Perbasi memiliki target untuk bisa saja menyelenggarakan Piala Planet FIBA U-19 Putri pada Indonesi pada tahun 2027, menyusul pengajuan yang digunakan sudah ada disampaikan terhadap manajemen federasi bola basket internasional tersebut.

 

"Sudah mengajukan ke FIBA ya berhadapan dengan izin dari kemenpora juga dikarenakan kita telah ketemu sejenis Pak Menpora pada ketika itu dengan FIBA, serta pada prinsipnya disetujui," kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi di konferensi pers ke Jakarta, Selasa.

 

Nirmala menyebutkan bahwa Perbasi telah lama mengajukan Tanah Air sebagai tuan rumah penyelenggaraan kompetisi globus bola basket untuk beberapa orang kelompok umur yang digunakan agendanya dijadwalkan pada 2027, 2029, juga 2030. Yang terdekat adalah Piala Planet FIBA U-19 Putri yang telah dijadwalkan pada tahun 2027.

 

Saat ini, lanjut Nirmala, Perbasi masih mengantisipasi kebijakan resmi dari FIBA untuk menunjuk Indonesi berubah menjadi negara pengurus kompetisi bumi tersebut. Dia berharap tindakan dari FIBA diberitahukan sebelum Oktober 2024, sebelum federasi bola basket Indonesi berganti kepengurusan.

 

Nirmala meyakini bahwa Nusantara dapat mengadakan kembali turnamen perlombaan bola basket level dunia, setelahnya sukses di pelaksanaan Piala Planet FIBA 2023. Nirmala mengumumkan sampai ketika ini Tanah Air merupakan negara satu-satunya yang mana mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Global FIBA U-19 Putri.

 

Selain itu, pengajuan penyelenggaraan event ini juga telah disetujui sebelumnya oleh FIBA pada pembicaraan secara informal, pada waktu manajemen federasi bola basket internasional berkunjung ke Indonesia.

 

Nirmala menekankan bahwa Tanah Air harus turut berpartisipasi pada penyelenggaraan Piala Bumi FIBA U-16 Putri dalam tahun 2027, juga meraih prestasi di dalam event tersebut.

 

"Karena kita pernah menyelenggarakan perlombaan dunia di dalam 2023 kemarin juga sangat sukses sekali. Tapi kita juga perlu prestasi," kata Nirmala.

 

Untuk mengejar target tersebut, ketika ini Perbasi telah memulai pencarian talenta-talenta basket putri yang digunakan diproyeksikan untuk berkompetisi pada Piala Bumi FIBA U-19 Putri 2027.

Artikel ini disadur dari Perbasi targetkan selenggarakan Piala Dunia FIBA U-19 Putri di 2027