Internasional

Menhan negeri Israel Tak Ingin Berperang, Tapi Beri Peringatan ke Hizbullah

26
×

Menhan negeri Israel Tak Ingin Berperang, Tapi Beri Peringatan ke Hizbullah

Sebarkan artikel ini
Menhan negeri negara Israel Tak Ingin Berperang, Tapi Beri Peringatan ke Hizbullah

Washington DC

Menteri Perlindungan (Menhan) negeri Israel Yoav Gallant mengakui negaranya tidaklah menginginkan pertempuran bertarung dengan kelompok Hizbullah di dalam Lebanon. Namun Gallant juga melontarkan peringatan keras bahwa Tel Aviv siap menyebabkan “kerusakan besar” terhadap Hizbullah, apabila upaya diplomasi gagal.

Seperti dilansir AFP, Kamis (27/6/2024), pernyataan itu disampaikan Gallant ketika dirinya melakukan kunjungan ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), pada Rabu (26/6) waktu setempat.

“Kami tiada ingin terlibat peperangan oleh sebab itu itu tiada baik bagi Israel. Kami mempunyai kemampuan untuk menyebabkan Lebanon kembali ke Zaman Batu, namun kami tidaklah ingin melakukannya,” ucap Gallant pada waktu berbicara terhadap wartawan setempat.

“Kami tidaklah menginginkan perang, tapi kami bersiap untuk setiap skenario,” tegasnya.

“Hizbullah mengenali betul bahwa kami sanggup menyebabkan kecacatan besar dalam Lebanon jikalau pertempuran dilancarkan,” sebut Gallant pada pernyataannya.

ADVERTISEMENT

Kekhawatiran akan terjadinya peperangan besar-besaran di Lebanon meningkat di beberapa pekan terakhir, seiring meningkatnya kekerasan antara tanah Israel lalu Hizbullah yang tersebut didukung Iran.

Serangan lintas perbatasan antara kedua kubu marak sejak konflik berkecamuk pada Jalur Kawasan Gaza pada Oktober tahun lalu.

Gallant memaparkan pada Rabu (26/6) waktu setempat bahwa militer negara Israel telah terjadi membunuh lebih banyak dari 400 “teroris” Hizbullah di beberapa bulan terakhir.

Menurut penghitungan AFP, sedikitnya 481 pendatang tewas dalam Lebanon akibat bentrokan Hizbullah juga negeri Israel sejak peperangan Kawasan Gaza pecah. Jumlah korban tewas itu mencakup 94 warga sipil.

Sementara di dalam pihak Israel, menurut data otoritas Tel Aviv, sedikitnya 15 tentara kemudian 11 warga sipil tewas akibat serangan dari Lebanon.

Serangan udara terbaru tanah Israel pada Rabu (26/6) malam, seperti dilaporkan kantor berita nasional Lebanon, menghantam sebuah gedung permukiman di dalam Nabatiyeh hingga melukai lima warga sipil yang digunakan ada di sekitarnya.

Artikel ini disadur dari Menhan Israel Tak Ingin Berperang, Tapi Beri Peringatan ke Hizbullah