Berita Tanah Air

Lewat Inisiatif BRInita, BRI Dorong Peluang & Kepuasan Kaum Hawa

4
×

Lewat Inisiatif BRInita, BRI Dorong Peluang & Kepuasan Kaum Hawa

Sebarkan artikel ini
Lewat Inisiatif BRInita, BRI Dorong Kesempatan & Kepuasan Kaum Hawa

Jakarta

PT Bank Rakyat Indonesi (BRI) melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) mengambil bagian pada menyokong peran wanita melalui beraneka macam acara pemberdayaan yang secara nyata mampu menggalakkan kesejahteraan wanita Indonesia. Salah satunya melalui penyelenggaraan Inisiatif BRInita (BRI Bertani pada Kota).

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan sasaran acara ini merupakan posisi padat penduduk dan juga pemukiman kumuh yang memiliki penggiat lingkungan setempat. Rencana ini juga menyediakan pelatihan berkelanjutan guna melindungi kelestarian vegetasi serta ekosistem sekitar.

“Sasaran dari acara ini adalah area padat penduduk lalu pemukiman kumuh yang tersebut mempunyai penggiat lingkungan setempat (local heroes) yang tersebut merupakan anggota kelompok (Kelompok Wanita Tani atau PKK). BRInita tiada cuma perkembangan sarana fisik saja, melainkan juga terdapat pelatihan berkelanjutan yang mana diharapkan untuk mempertahankan kelestarian flora serta kelangsungan hidup lingkungan sekitar,” ungkap Catur Budi Harto beberapa waktu lalu.

Pelatihan berkelanjutan yang dimaksud nantinya memberikan pelatihan untuk melakukan pengembangan hasil urban farming sehingga mampu menambah nilai ekonomis seperti penjualan, pengelolaan, packaging kemudian pemasaran. Catur berharap acara ini dapat berubah jadi bukti nyata adanya sumbangan positif komunitas untuk keseimbangan lingkungan.

ADVERTISEMENT

“Kegiatan ini diharapkan dapat mereduksi polusi lingkungan, menambah keasrian, dan juga menghurangi sampah rumah tangga. Di sisi lain, hal ini sekaligus juga menjadi perwujudan kontribusi positif warga bagi keseimbangan lingkungan,” lanjut Catur.

Sejak dijalankan pada tahun 2022, acara BRInita telah terjadi menjalankan 49 kali pelatihan bagi penerima manfaat, yang dimaksud terdiri dari pelatihan budidaya hidroponik, perawatan flora hias, pembuatan eco enzyme, pencegahan dan juga pengendalian hama tumbuhan juga pemakaian alat-alat sistem hidroponik. Inisiatif BRInita ketika ini sudah pernah diimplementasikan pada 21 area yang dimaksud tersebar di dalam beragam wilayah Nusantara yang digunakan sebagian besar pengelolaannya dijalankan oleh kelompok bidang usaha wanita.

Program ini juga tercatat telah dilakukan melibatkan 615 jiwa yang mana terdiri dari kelompok bidang usaha wanita atau ibu-ibu PKK serta tercatat telah terjadi melakukan panen banyaknya 348 kg perikanan seperti ikan lele serta nila mujaer.

Program ini juga menciptakan 3.982 kg pupuk organik cair vegetatif serta kompos, 80 kg maggot (ulat) Black Soldier Fly (BSF) yang tersebut dibudidayakan oleh anggota kelompok juga menghasilkan kembali 112 jenis flora ramuan keluarga (tanaman toga) seperti kencur, jahe, lengkuas, juga lainnya.

Catur menambahkan, BRInita adalah kegiatan pemberdayaan wanita, untuk dapat mengambil peran besar, tiada semata-mata dalam lingkungan keluarga saja, namun berbagai berkarya pada lingkungan sosial kemudian komunitas luas.

Pada akhirnya, BRInita dapat membantu wanita, untuk dapat terus bersinar, percaya diri, juga pantang menyerah, di menempatkan diri sebagai bagian, dari pentingnya perkembangan sektor ekonomi dan juga percontohan di dalam lingkungan masyarakat.

“Sama seperti cerita Kartini sebagai sosok atau tokoh wanita inspiratif, melalui acara BRINita BRI menggerakkan kaum wanita dalam bervariasi wilayah pada Indonesia untuk terus berkarya, kreatif juga berusaha. Rencana BRInita berubah menjadi wadah bagi kaum wanita untuk bisa saja menyalurkan prospek lalu kreativitas yang digunakan mampu memberikan nilai ekonomis,” imbuh Catur.

Dalam kegiatan BRInita terdapat beberapa kemungkinan acara yang digunakan dapat dimanfaatkan oleh anggota kelompok antara lain dapat mengembangkan aquaponik, pengolahan hasil panen flora yang dimaksud dapat dijadikan olahan makanan, pengembangan agrowisata yang dapat berkolaborasi dengan stakeholder lainnya dan juga prospek untuk mengembangkan jaringan pemasaran produk.

“Ini menjadi wadah positif tentunya, khususnya beberapa pelatihan dan juga acara pemberdayaan ke dalamnya yang mana diharapkan dapat memacu kesejahteraan kaum wanita,” pungkasnya.

(anl/ega)

Artikel ini disadur dari Lewat Program BRInita, BRI Dorong Potensi & Kesejahteraan Kaum Hawa