Humaniora

Kamis Pekan Depan, Jokowi Gelar Rapat Persiapan Upacara 17 Agustus pada IKN

17
×

Kamis Pekan Depan, Jokowi Gelar Rapat Persiapan Upacara 17 Agustus pada IKN

Sebarkan artikel ini
Kamis Pekan Depan, Jokowi Gelar Rapat Persiapan Upacara 17 Agustus pada IKN

JAKARTA – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) akan menyelenggarakan rapat dengan para menteri pada Kamis (25/7/2025) pekan depan. Rapat membahasa persiapan Upacara 17 Agustus pada Ibu Perkotaan Nusantara (IKN).

“Sedikit saya sampaikan, bahwa nanti hari Kamis (25/7/2024) kami akan diundang rapat oleh Bapak Presiden, tentu kami mencoba untuk sesuai dengan rencana untuk 17 Agustus,” kata Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi terhadap wartawan, Mingguan (21/7/2024).

Budi mengatakam bahwa hujan deras mempengaruhi pekerjaan sarana prasarana ke IKN. “Tetapi memang sebenarnya harus diakui bahwa hari-hari ke sana (IKN) itu hujan terus, bulan tak lama kemudian itu, 1 bulan ada 8 hari cuma yang tersebut bisa saja beroperasi,” katanya.

Menurutnya, pemerintah telah lama mengerahkan 4 pesawat untuk melakukan modifikasi cuaca pada IKN. “Sekarang ini, kami telah mengerahkan 4 pesawat untuk TMC (teknologi modifikasi cuaca) pengkondisian udara. Tetapi masih hujan juga. Kami permanen berusaha, hari-hari kami akan evaluasi,” kata Budi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi masih mengantisipasi kesiapan infrastruktur sebelum resmi berkantor di dalam IKN pada akhir Juli 2024. Jika infrastruktur telah siap, Jokowi memverifikasi akan berkantor dalam IKN.

“Kemarin memang benar targetnya kan Juli, tetapi kan lihat ke IKN, tiap hari hujan terus, hujan deres banget jadi memang benar pekerjaan sejumlah yang mana mundur, serta itu biasa di proyek besar,” kata Jokowi terhadap wartawan, Selasa (16/7/2024).

Jokowi mengungkapkan IKN bukanlah dibangun dua atau tiga tahun, melainkan jangka panjang. “Ini sebuah mimpi besar, jangka panjang, proyek jangka panjang. Mungkin 15-20 tahun. Jadi jangan membayangkan kita upacara 17 Agustus itu sudah ada jadi semuanya. Tidak seperti itu, berbagai yang tersebut baru menurut saya,” katanya.

Mantan Kepala daerah DKI Jakarta itu menegaskan ketika ini proyek IKN masih memerlukan penanam modal dari di maupun luar. “Itu yang tersebut sedang kita kejar. Kalau pemerintah kan kewajiban dari gedung-gedung pemerintahan Istana Presiden, Wakil Presiden, serta oleh akibat itu 100% dari APBN,” katanya.

Artikel ini disadur dari Kamis Pekan Depan, Jokowi Gelar Rapat Persiapan Upacara 17 Agustus di IKN