Kesehatan

Kenali Ringworm, Penyakit Kulit yang dimaksud Belakangan Viral di Kalangan Anggota Gym

18
×

Kenali Ringworm, Penyakit Kulit yang dimaksud Belakangan Viral di Kalangan Anggota Gym

Sebarkan artikel ini
Kenali Ringworm, Penyakit Kulit yang tersebut dimaksud Belakangan Viral ke Kalangan Anggota Gym

JAKARTA – Bagi para pecinta olahraga yang dimaksud banyak menghabiskan waktu di dalam gym , waspadalah terhadap penyakit dermis yang digunakan bernama ringworm. Belakangan ini, ringworm menjadi perbincangan hangat pada media sosial akibat beberapa anggota gym di media sosial mengaku terkena penyakit ini.

Ringworm disebabkan lantaran terkontaminasi secara langsung oleh beberapa alat gym yang digunakan diduga tak bersih setelahnya dipakai oleh banyak orang. Di pusat kebugaran, biasanya mereka itu yang tersebut berolahraga sanggup secara bebas menggunakan alat yang dimaksud ada pada sana.

Namun, terkadang lalai pada hal menjaga kebersihan alat-alat gym. Padahal, setiap alat yang dipakai akan meninggalkan bekas keringat para pengguna ke gym. Imbasnya, berbagai yang mengalami kesulitan dermis ringworm.

Dirangkum dari Health, Rabu (17/7/2024), ringworm atau tinea corporis alias kurap adalah penyakit lapisan kulit yang tersebut ditandai dengan munculnya ruam merah berbentuk lingkaran kemudian terasa gatal.

Penyebab penyakit ini adalah infeksi jamur kemudian dapat menyebar apabila kontak segera dengan penderitanya atau benda yang tersebut telah terkontaminasi jamur tersebut. Area yang mana dapat bermetamorfosis menjadi tempat tumbuhnya jamur lalu menyebabkan munculnya kurap meliputi kepala, tangan, kaki, wajah, atau bahkan selangkangan.

Penyebab lalu Pencegahan Ringworm

Masalah dermis ini disebabkan oleh infeksi jamur seperti epidermophyton, microsporum, juga trichophyton. Kurap ditularkan melalui kontak dengan segera dengan pengidapnya, baik manusia maupun hewan.

Selain itu, penyakit dermis ini juga dapat terjadi apabila seseorang menyentuh benda yang dimaksud telah terkontaminasi oleh jamur penggerak kurap. Sebagai langkah pencegahan, penting mempertahankan kebersihan diri juga lingkungan sekitar.

Mencegah Ringworm

Berikut langkah pencegahan kurap yang tersebut dapat Anda terapkan:

1. Tidak menggunakan barang pribadi milik pendatang lain.
2. Rutin memandikan hewan peliharaan juga membersihkan kandangnya, minimal satu minggu sekali.
3. Selalu pastikan area lapisan kulit bersih dan juga tak terlalu lembap untuk mencegah tumbuhnya bakteri kemudian jamur.
4. Selalu mencuci tangan pasca memegang benda atau hewan peliharaan atau pasca berkebun.
5. Ganti pakaian setiap hari.
6. Hindari menggunakan pakaian yang digunakan telah lembap.
7. Sebisa mungkin saja hindari mengenakan pakaian yang tiada dapat mengakomodasi keringat dengan baik.

Artikel ini disadur dari Kenali Ringworm, Penyakit Kulit yang Belakangan Viral di Kalangan Anggota Gym