Teknologi

Pakistan Blokir Industri Media Sosial X, Dianggap Ancam Security Nasional

37
×

Pakistan Blokir Industri Media Sosial X, Dianggap Ancam Security Nasional

Sebarkan artikel ini
Pakistan Blokir Industri Media Massa Sosial X, Dianggap Ancam Security Nasional

JAKARTA – otoritas Pakistan akhirnya mengonfirmasi pemblokiran wadah media sosial X yang mana telah lama dicurigai sejak bulan Februari sebab kesulitan keamanan nasional.

Pengguna media sosial ke Pakistan mengalami kesulitan mengakses platform digital milik Elon Musk itu sejak pertengahan Februari di mana partai mantan perdana menteri Imran Khan menyerukan mengkritik nasional terhadap dugaan kecurangan pada pemilihan umum.

Konfirmasi yang disebutkan berasal dari Kementerian Dalam Negeri Pakistan yang menyebutkan pemblokiran yang dimaksud pada dokumen ditulis yang tersebut diserahkan ke pengadilan pada Rabu (17/4/2024).

“Sangat penting untuk disebutkan di di tempat ini bahwa kegagalan Twitter/X untuk mematuhi arahan sah pemerintah Pakistan juga mengatasi kegelisahan tentang penyalahgunaan platformnya mengharuskan diberlakukannya larangan,” demikian bunyi laporan yang disebutkan dilansir dari Reuters.

Pemerintah Pakistan menuduh perusahaan media sosial yang disebutkan enggan bekerja serupa dengan otoritas setempat di menyelesaikan masalah-masalah “kritis”.

“Keputusan untuk memberlakukan larangan pada Twitter/X di Pakistan dibuat demi kepentingan menegakkan keamanan nasional, mempertahankan ketertiban umum, dan juga mempertahankan integritas bangsa kita,” kata laporan itu.

Pengadilan Tinggi Sindh (Sindh High Court) mengecam keras langkah untuk menangguhkan X serta memerintahkan pemerintah untuk memulihkan sistem yang disebutkan di waktu satu minggu.

Ketua Hakim SHC, Aqeel Ahmed Abbasi, ketika mendengarkan beberapa petisi tentang penangguhan platform digital media sosial yang mana sebelumnya disebut Twitter, mengatakan, “Apa yang tersebut Anda (Kementerian Dalam Negeri) capai dengan mematikan hal-hal sepele … Bumi pasti menertawakan kita.”

Seorang pejabat senior pemerintah telah lama secara terbuka mengakui adanya manipulasi pengumuman pada pemilihan umum 8 Februari, yang mengakibatkan kemarahan dan juga seruan membantah dari Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI).

Artikel ini disadur dari Pakistan Blokir Media Sosial X, Dianggap Ancam Keamanan Nasional