Kesehatan

10 Makanan yang tersebut Dapat Menurunkan IQ, Waspadai Pengaruhnya pada Otak

37
×

10 Makanan yang tersebut Dapat Menurunkan IQ, Waspadai Pengaruhnya pada Otak

Sebarkan artikel ini
10 Makanan yang digunakan yang disebutkan Dapat Menurunkan IQ, Waspadai Pengaruhnya pada Otak

JAKARTA – Ada beberapa makanan yang tersebut dapat menurunkan IQ (Intelligence Quotient) tanpa disadari. Meski terasa enak, makanan ini bisa saja memengaruhi kinerja otak, terlebih jikalau dikonsumsi pada jumlah agregat berlebihan.

IQ adalah ukuran kemampuan intelektual seseorang. Meskipun sejumlah factor yang dimaksud memengaruhi IQ, satu di antaranya genetik kemudian lingkungan, pola makan juga berperan penting di kesegaran otak.

Untuk mempertahankan IQ kemudian kemampuan intelektual masih optimal, penting untuk memilih makanan yang tersebut sehat juga bergizi. Makanan segar, kaya akan antioksidan, vitamin, dan juga mineral, seperti buah-buahan, sayuran, ikan berlemak, juga biji-bijian, sangat direkomendasikan untuk menggalang kesejahteraan otak.

Hindari atau batasi konsumsi makanan yang digunakan dapat berdampak negatif pada otak untuk memverifikasi fungsi kognitif yang tersebut optimal sepanjang hidup. Berikut adalah 10 makanan yang mana dapat menurunkan IQ seperti dilansir dari Medical News Today, Awal Minggu (24/6/2024).

Makanan yang Dapat Menurunkan IQ

1. Makanan Olahan lalu Junk Food

Makanan olahan lalu junk food rutin kali membesar gula, garam, lemak jenuh, serta substansi kimia aditif. Kandungan ini dapat menyebabkan peradangan kemudian kerusakan pada sel-sel otak. Studi menunjukkan bahwa konsumsi berlebihan junk food dapat mengganggu fungsi kognitif dan juga mengempiskan kemampuan belajar.

Contoh makanan olahan lalu junk food yang harus dihindari adalah keripik, kentang goreng, pizza, burger, dan juga makanan cepat saji lainnya.

2. Minuman Manis

Minuman yang dimaksud membesar gula, seperti soda, minuman energi, lalu jus buah dengan tambahan gula, dapat meningkatkan risiko tahanan insulin di otak. Ini adalah dapat mengganggu kemampuan memori juga keterampilan kognitif lainnya.

Minuman yang dimaksud dimaksud meliputi soda, minuman energi, jus buah kemasan, lalu minuman kopi berperisa.

3. Makanan Tinggi Lemak Trans

Lemak trans yang mana ditemukan pada makanan olahan dapat menyebabkan peradangan lalu kerusakan pada sel-sel otak. Lemak ini juga dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang mana pada gilirannya dapat menurunkan fungsi kognitif.

Contoh makanan ini pada antaranya margarine, makanan panggang kemasan, kerupuk, juga beberapa makanan cepat saji.

4. Makanan Tinggi Garam

Konsumsi garam yang dimaksud berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah serta mengacaukan pembuluh darah, satu di antaranya yang tersebut ada pada otak. Ini adalah dapat menyebabkan penurunan kognitif lalu mempengaruhi kemampuan memori.

Artikel ini disadur dari 10 Makanan yang Dapat Menurunkan IQ, Waspadai Pengaruhnya pada Otak