Berita Tanah Air

Jokowi: Hari Kebangkitan Nasional Momen Penting untuk Mengenang Perjuangan Pahlawan

22
×

Jokowi: Hari Kebangkitan Nasional Momen Penting untuk Mengenang Perjuangan Pahlawan

Sebarkan artikel ini
Jokowi: Hari Kebangkitan Nasional Momen Penting untuk Mengenang Perjuangan Pahlawan

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang tersebut jatuh pada hari ini, Mulai Pekan (20/5/2024). Jokowi meminta masyarakat memaknai Harkitnas sebagai pengingat sebagai langkah awal untuk berubah menjadi negara besar yang mana maju.

Jokowi menyampaikan Harkitnas melalui akun Instagram pribadinya. Jokowi mengatakan, Hari Kebangkitan Nasional sebagai pengingat langkah awal Nusantara sebagai negara besar yang digunakan akan forward bersama.

Jokowi juga menghadirkan hari Kebangkitan Nasional sebagai semangat meningkatkan nasionalisme, rasa kesatuan, juga persatuan Indonesia. Dia juga memaknai Hari Kebangkitan sebagai upaya meningkatkan kesadaran sebagai bangsa.

“Hari ini selalu mengingatkan kita pada titik awal kebangsaan sebagai negeri Indonesia. Mari progresif bersama, bangkitkan semangat nasionalisme, rasa kesatuan dan juga persatuan yang tinggi, dan juga kesadaran sebagai sebuah bangsa,” kata Jokowi.

Kemudian Jokowi menyampaikan selamat Hari Kebangkitan Nasional.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional,” jelasnya.

Baca Juga: Pesan Jokowi dalam Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang dimaksud diperingati pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya, merupakan momen penting bagi bangsa Tanah Air untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan pada meraih kemerdekaan.

Semangat Kebangkitan Nasional yang digagas oleh organisasi Boedi Oetomo pada 1908, berubah menjadi tonggak sejarah awal pergerakan nasional Indonesia.

Artikel ini disadur dari Jokowi: Hari Kebangkitan Nasional Momen Penting untuk Mengenang Perjuangan Pahlawan