Berita Tanah Air

Usai Tanam Pohon Ulin, Presiden Jokowi Sopiri Pemimpin wilayah Jenderal Australia Keliling KRB

20
×

Usai Tanam Pohon Ulin, Presiden Jokowi Sopiri Pemimpin wilayah Jenderal Australia Keliling KRB

Sebarkan artikel ini
Usai Tanam Pohon Ulin, Presiden Jokowi Sopiri Pemimpin wilayah Jenderal Australia Keliling KRB

BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penyetoran pohon sama-sama Pengurus Jenderal Australia , David Hurley, dalam Istana Bogor, hari terakhir pekan (17/5/2024). Tampak pohon yang tersebut ditanam keduanya yakni pohon Kayu Ulin Besi.

Pohon yang ditanam ke halaman belakang Istana Bogor itu juga tampak disirami secara bersama-sama oleh Presiden Jokowi dan juga David.

Kemudian Jokowi mengundang David Hurley keliling Kebun Raya Bogor (KRB). Presiden Jokowi menyopiri David dengan mobil golf atau buggy car. Terlihat keduanya berbicang santai sambil menikmati pemandangan KRB.

Setelah berkeliling Kebun Raya Bogor, Jokowi kemudian David kembali lagi menuju Veranda untuk berbincang kembali.

Sebelumnya, Pengelola Jenderal Australia David Hurley tiba sekitar 09.00 WIB. David tampak mengenakan setelan jas berwarna biru gelap lalu dasi biru.

Iring-iringan kendaraan David tiba ke pintu gerbang Istana Bogor dengan diiringi pasukan Nusantara, pasukan berkuda, lalu korps musik Tim sepak bola Pengamanan Presiden (Paspampres). Presiden Jokowi kemudian menyambut David ketika turun dari mobil kemudian secara langsung bersalaman.

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara kemudian diiringi dentuman meriam sebanyak-banyaknya 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Dalam upacara penyambutan yang dimaksud juga dilangsungkan parade pasukan kehormatan. Parade pasukan TNI dari tiga matra yang disebutkan melintas pada hadapan Presiden Jokowi dan juga David sambil memberikan penghormatan.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara memperkenalkan delegasi dari tiap-tiap negara yang tersebut turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesi yang tersebut hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Setelah memperkenalkan masing-masing delegasi, Presiden Jokowi kemudian mengundang David untuk berfoto sama-sama kemudian mengesahkan buku tamu kenegaraan pada Ruang Teratai. Setelah itu, keduanya menuju veranda belakang Istana Bogor untuk kemudian berbincang sejenak.

Artikel ini disadur dari Usai Tanam Pohon Ulin, Presiden Jokowi Sopiri Gubernur Jenderal Australia Keliling KRB