Berita Tanah Air

Promosi Budaya Tanah Air lewat Konten Digital

37
×

Promosi Budaya Tanah Air lewat Konten Digital

Sebarkan artikel ini
Promosi Budaya Tanah Air lewat Konten Digital

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan juga Informatika RI mengadakan kegiatan talkshow chip in “Promosi Budaya Tanah Air Lewat Konten Digital” pada hari terakhir pekan (19/4/2024) pada SMP Negeri 115 Ibukota Indonesia Selatan.

Talkshow diselenggarakan guna meningkatkan tingkat literasi digital 50 jt rakyat Indonesi pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital. Pertemuan ini diwujudkan di acara Gebyar Literasi SMP Negeri 115 DKI Jakarta Selatan, juga disertai oleh lebih tinggi dari 1.000 siswa.

Berdasarkan Survei Skala Literasi Digital Komunitas Tanah Air tahun 2022 yang dimaksud diselenggarakan oleh Kemenkominfo serta Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesi masih berada pada kategori “sedang” dengan hitungan 3.49 dari 5,00. Acara literasi digital ke lingkungan lembaga pendidikan merupakan salah satu upaya Kemenkominfo pada mempercepat perubahan digital pada sektor lembaga pendidikan menuju Nusantara #MakinCakapDigital.

Kegiatan talkshow chip in diawali dengan sambutan dari Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi kemudian Informatika Tanah Air Semuel Abrijani Pangerapan. Ia menyampaikan pentingnya mempersiapkan talenta digital Indonesia, agar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi digital juga mempunyai kemampuan pada menanggulangi resiko yang mana muncul sama-sama nya.

Semuel menyatakan ada empat pilar utama literasi digital, yakni Kecakapan Digital, Budaya Digital, Etika Digital dan juga Security Digital.

Sambutan kedua sekaligus membuka kegiatan oleh Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi secara daring. Ia menyampaikan

manfaat sektor ekonomi di kegiatan literasi digital, seperti peningkatan kompetensi tenaga kerja dan juga partisipasi warga pada kegiatan berbasis perekonomian digital.

Menkominfo juga meminta seluruh lapisan penduduk untuk berpartisipasi secara berpartisipasi di bervariasi kegiatan literasi digital, untuk mewujudkan Nusantara terkoneksi kemudian semakin maju.

Kegiatan talk show chip ini bertujuan memberi edukasi mengenai literasi digital dengan cara yang tersebut enteng diterima siswa. Sesi talk show dimulai dengan pemutaran video animasi berjudul “4 Jurus Literasi Digital”. Empat jurus yang dimaksud dimaksud adalah Interaksi, Partisipasi, Bekerjasama serta Kontrol diri agar para kontestan didik #MakinCakapDigital.

Penjelasan mengenai literasi digital kemudian disampaikan oleh tiga penduduk narasumber yang digunakan dipandu oleh moderator. Paparan pertama disampaikan oleh Sri Masrifah, guru bahasa Negara Indonesia SMPN 115 Jakarta.

Artikel ini disadur dari Promosi Budaya Indonesia lewat Konten Digital