Berita Tanah Air

BPK Periksa SYL di Kantor KPK terkait Permintaan Uang Rp12 Miliar oleh Auditor

24
×

BPK Periksa SYL di Kantor KPK terkait Permintaan Uang Rp12 Miliar oleh Auditor

Sebarkan artikel ini
BPK Periksa SYL di Kantor KPK terkait Permintaan Uang Rp12 Miliar oleh Auditor

JAKARTA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memeriksa eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) terkait dugaan pelanggaran kode etik pegawainya. Pemeriksaan yang dimaksud dijalankan dalam Gedung Merah Putih KPK.

Diketahui, di sidang dugaan pemerasan dan juga gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) dengan terdakwa SYL lalu dua anak buahnya disebut ada permintaan Rp12 miliar dari auditor BPK ke Kementan. Permintaan itu disebutkan agar Kementan mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebutkan pemeriksaan SYL ini di kapasitasnya sebagai saksi pada dugaan pelanggaran etik tersebut.

“Hari ini (17/5), berdasarkan penetapan Majelis Hakim Tipikor, KPK fasilitasi pemeriksaan saksi terkait dugaan pelanggaran kode etik yang tersebut dikerjakan Pemeriksa BPK pada Auditorat Utama Keuangan IV dari Tim Inspektorat Utama BPK,” ujar Ali melalui keterang tertulisnya, Hari Jumat (17/5/2024).

“Saksi yang tersebut diperiksa adalah Terdakwa Syahrul Yasin Limpo,” sambungnya.

Selain SYL, BPK juga tambahan dulu memeriksa dua anak buah SYL, yakni Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan juga Direktur Alat juga Mesin Kementan, Muhammad Hatta.

“Kemarin (16/5) juga telah terjadi diperiksa saksi yakni Terdakwa Kasdi dan juga M.Hatta,” katanya.

Perlu diketahui, permintaan Rp12 miliar disebut Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana lalu Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Hermanto ketika bermetamorfosis menjadi saksi pada sidang SYL.

Ia menyatakan ada permintaan Rp12 miliar dari auditor BPK agar Kementan mendapat predikat WTP. Namun, Hermanto menyebutkan pihaknya belaka memberikan Rp5 miliar.

Artikel ini disadur dari BPK Periksa SYL di Kantor KPK terkait Permintaan Uang Rp12 Miliar oleh Auditor