Berita Tanah Air

Menlu Retno Sebut Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kepedulian Manusia ke Kawasan Gaza

32
×

Menlu Retno Sebut Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kepedulian Manusia ke Kawasan Gaza

Sebarkan artikel ini
Menlu Retno Sebut Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kepedulian Manusia ke Kawasan Daerah Gaza

JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebutkan, ada upaya sistematis dari warga tanah Israel untuk menghambat bantuan kemanusiaan salah satunya dari Indonesia untuk warga Daerah Gaza . Retno pun prihatin dengan keadaan tersebut.

“Baru sekadar mengeluarkan statemen ya lagi kita prihatin bantuan kemanusiaan yang masuk ke Daerah Gaza dari waktu ke waktu dihambat, terakhir itu dirayah (dijarah) ya, ke depan aparat Israel. Pembiaran ini terus dilakukan. Saya yakin ini upaya sistematis upaya terus menghambat bantuan kemanusiaan untuk Gaza,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, hari terakhir pekan (17/5/2025).

Retno pun mengutuk keras tindakan penghambatan bantuan untuk warga Daerah Gaza tersebut. Menurut Retno butuk tindakan tegas untuk menjaga dari hal yang disebutkan kembali terjadi.

“Kita keluarkan statement, kita kutuk keras hal hal yang tersebut muncul seperti itu pada artian menghambat bantuan kemanusiaan. Karena bantuan kemanusiaan ini sangat diperlukan warga Daerah Gaza ketika ini. Kita katakan pelaku ditindak kemudian ada upaya menjaga dari hal yang dimaksud muncul lagi,” kata Retno.

Pemerintah Indonesia, kata Retno, juga telah terjadi menghubungi Dewan Keselamatan PBB agar penghambatan bantuan yang dimaksud tak berjalan lagi. Retno menegaskan bahwa bantuan keamanan harus bermetamorfosis menjadi prioritas.

“Kita juga melakukan call ke majelis keamanan PBB agar hal sama tidak ada muncul lagi. Kami juga ungkapkan agar bantuan keamanan jadi prioritas juga direalisasikan disalurkan tanpa hambatan,” ungkapnya.

Artikel ini disadur dari Menlu Retno Sebut Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kemanusiaan ke Gaza