Berita Tanah Air

Jenis-jenis Baret TNI Berdasarkan Warna lalu Posisinya

23
×

Jenis-jenis Baret TNI Berdasarkan Warna lalu Posisinya

Sebarkan artikel ini
Jenis-jenis Baret TNI Berdasarkan Warna tak lama kemudian Posisinya

JAKARTA – Jenis-jenis baret TNI berdasarkan warna dan juga posisinya diulas pada artikel ini. Baret merupakan salah satu kebanggaan pasukan TNI.

Sebab, untuk memperoleh topi berbentuk bulat serta pipih ini tidaklah mudah. Sejumlah tes menguji fisik dan juga mental menanti calon prajurit TNI ketika mengikuti seleksi.

Keahlian di bertempur kemudian keterampilan khusus lainnya harus dimiliki setiap prajurit TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan juga TNI Angkatan Udara Bebas (AU). Latihan ekstrem lalu terkadang sangat membahayakan harus ditempuh demi mendapatkan baret tertentu.

Berikut jenis-jenis Baret TNI berdasarkan warna kemudian posisinya:

1. Baret Jingga

Baret ini digunakan pasukan elite yang dimaksud berasal dari satuan TNI AU, Korps Tim sepak bola Khas (Kopaskhas). Terdapat emblem lambang terdiri dari perisai dengan gambar parasut, senapan, serta artileri pertahanan udara pada baret jingga Paskhas ini.

Tulisan semboyan Paskhas, Karmaye Vidikaraste Mafalesu Kadatjana di lambangnya, yang digunakan punya arti bekerja tanpa menghitung untung rugi. Warna baret jingga Paskhas terinspirasi dari cahaya jingga ketika fajar di dalam tempat Margahayu, Bandung, yaitu tempat pasukan komando ini dilatih.

Kopaskhas adalah satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat. Sedangkan makna warna jingga pada Baret Paskhas bahwa para prajurit Paskhas miliki jiwa keberanian kemudian jiwa kerelaan berkorban yang mana lebih tinggi didukung dengan keteguhan hati yang digunakan mantap.

2. Baret Ungu

Adalah Korps Marinir TNI AL yang mengenakan baret ini. Terdapat emblem Jalesu Bhumyamca Jayamahe pada bingkai segi lima berwarna merah pada baret ini.

Jangkar dengan lingkaran yang tersebut di dalamnya terdapat keris serta peta Indonesi adalah lambangnya. Baret unggu juga digunakan Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) ke bawah Korps Marinir.

Cuma bedanya pada baret Yon Taifib, selain lambang Jalesu Bhumyamca Jayamahe juga terdapat Brevet Trimedia dengan gambar penyelam dan juga parasut di dalam atasnya.

Artikel ini disadur dari Jenis-jenis Baret TNI Berdasarkan Warna dan Posisinya