Berita Tanah Air

Pesan Menag ke Jemaah Haji Kloter Pertama 2024: Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu Beribadah

40
×

Pesan Menag ke Jemaah Haji Kloter Pertama 2024: Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu Beribadah

Sebarkan artikel ini
Pesan Menag ke Jemaah Haji Kloter Pertama 2024: Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu Beribadah

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Ibukota Indonesia – Pondok Gede (JKG-01) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Mingguan (12/5/2024) dini hari. Lima tim kloter bergabung terbang sama-sama mereka.

Berangkatnya jemaah haji kloter pertama ini juga menandai dimulainya operasional haji 1445 H/2024 M. Menag kembali berpesan agar jemaah menata ulang kembali niatnya lalu berharap agar jemaah fokus untuk beribadah haji.

“Kami mengingatkan ke bapak ibu sekalian agar niatnya ditata dengan benar. Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji dalam Tanah Suci,” kata Menag untuk jemaah haji pada waktu menyapa ke pada pesawat.

Dia juga kembali mengingatkan pentingnya menjaga fisik, oleh sebab itu cuaca ke Arab Saudi berbeda dengan dalam Indonesia. “Cuaca di Tanah Suci sangat panas. Agar keadaan fisik Bapak Ibu dijaga. Makan yang cukup, minum yang cukup, vitamin juga harus diminum,” ucap pria yang tersebut akrab disapa Gus Men ini.

Gus men pun memohonkan para jemaah tak segan meminta-minta tolong terhadap pelaku apabila membutuhkan sesuatu. Ia pastikan, tim akan membantu dengan setulus hati.

“Jika membutuhkan segala sesuatu nanti, komunikasikan terhadap petugas. Kami di dalam Kemenag bersatu Kemenkes sudah ada menyiapkan petugas-petugas yang akan juga siap melayani bapak ibu sekalian. Apa pun kebutuhannya komunikasikan untuk petugas, jangan sungkan,” katanya.

Ia mengkaji pasti akan sejumlah tantangan yang mana akan dihadapi jemaah. Namun ia yakin para jemaah dengan dibantu tim akan bisa saja menjalankan ibadah haji dengan lancar.

“Sekali lagi saya ingatkan jaga fisiknya, jaga kesehatannya, ini ibadah fisik, tantangannya tentu tak mudah. Tapi saya yakin semua siap lalu kuat menjalankan ibadah di tanah suci,” tegasnya.

“Kami dalam Tanah Air mendoakan agar Bapak Ibu semua mendapatkan predikat Haji Mabrur, dan juga doakan agar Indonesia berubah jadi negeri yang digunakan baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Aman-aman di dalam jalan lalu semoga sampai dengan selamat,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari Pesan Menag ke Jemaah Haji Kloter Pertama 2024: Niat Bapak Ibu ke Tanah Suci itu Beribadah