Kesehatan

6 Tips Jaga Timbangan Badan Tetap Stabil usai Lahap Menyantap Menu Lebaran

29
×

6 Tips Jaga Timbangan Badan Tetap Stabil usai Lahap Menyantap Menu Lebaran

Sebarkan artikel ini
6 Tips Jaga Timbangan Badan Tetap Stabil usai Lahap Menyantap Menu Lebaran

JAKARTA – Lebaran berubah jadi waktu yang tersebut paling ditunggu-tunggu. Bukan cuma bersilaturahmi bersatu sanak saudara, melainkan juga untuk menyantap bervariasi macam menu makanan khas lebaran.

Makanan seperti opor ayam, sayur ketupat, sambal goreng ati, kemudian rendang kerap kali bikin kalap ketika menyantapnya. Terlebih apabila disantapnya bersatu dengan keluarga tercinta.

Belum lagi menyantap bermacam camilan serta kue-kue lebaran. Kalau terus-terusan kalap, maka Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi bilangan bulat timbangan yang tersebut semakin bertambah.

Oleh karenanya, dibutuhkan beberapa strategi khusus untuk mengatasi rasa kalap ketika menyantap makanan lebaran. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya, seperti dilansir EMC Health Care, Kamis (11/4/2024).

1. Kurangi Konsumsi Gula

Kue-kue juga minuman manis memang benar tampak menggoda ketika hari lebaran. Namun, Anda sebaiknya menghurangi konsumsi makanan ataupun minuman manis berlebih. Sebab hal ini mampu meningkatkan risiko obesitas, diabetes, juga penyakit jantung

2. Jangan Lewatkan Sarapan

Sesibuk apa pun Anda pada momen lebaran, sebaiknya kekal menyempatkan waktu untuk sarapan. Pasalnya, sarapan sanggup menjaga dari tubuh merasa lapar yang digunakan berlebih. Sehingga saat makan siang, Anda bukan kalap di mengambil porsi makan.

3. Perhatikan Porsi Makan

Jika ada berbagai menu santapan lebaran, Anda dapat cicipi semuanya tetapi di ukuran porsi yang kecil serta sedikit. Hal ini dapat mencegah makan berlebihan yang digunakan bisa jadi menimbulkan perut tak aman lalu naik berat badan berlebih. Sebaiknya Anda juga mengunyah makanan secara perlahan agar sanggup dicerna tubuh dengan sempurna.

4. Minum Air yang dimaksud Cukup

Asupan cairan tubuh juga tak kalah penting untuk diperhatikan selama merayakan lebaran. Sering kali orang-orang lupa minum air putih hanya sekali lantaran lebih besar memilih untuk minum minuman manis. Air putih juga membantu mengeluarkan racun dari di tubuh dan juga menjaga keseimbangan cairan pada tubuh.

5. Konsumsi Serat dari Sayur serta Buah

Selain kaya vitamin, buah lalu sayur juga mengandung serat yang tersebut baik untuk keseimbangan kemudian dapat mencukupi asupan serat bagi tubuh. Buah dan juga sayur bisa saja meningkatkan kekebalan tubuh dan juga memperlancar sistem pencernaan.

6. Rutin Berolahraga

Meskipun sedang lebaran tidak berarti Anda bisa jadi melewatkan olahraga. Olahraga permanen sanggup Anda lakukan secara rutin pada sore hari, pasca berkumpul dengan sanak saudara. Anda dapat lakukan jalan kaki atau lari, setiap hari selama 30 menit. Dengan rutin berolahraga, tubuh menjadi bugar padahal pada waktu lebaran porsi makan tambahan sejumlah dari biasanya.

Artikel ini disadur dari 6 Tips Jaga Timbangan Badan Tetap Stabil usai Lahap Menyantap Menu Lebaran