Sports

Trofi bola emas Diego Maradona ke Piala Bumi 1986 akan dilelang

7
×

Trofi bola emas Diego Maradona ke Piala Bumi 1986 akan dilelang

Sebarkan artikel ini
Trofi bola emas Diego Maradona ke Piala Bumi 1986 akan dilelang

DKI Jakarta – Rumah lelang Aguttes akan melelang Trofi Bola Emas Adidas milik Diego Maradona, ke Rumah Lelang Internasional Aguttes, Neuilly-sur-Seine, Paris, Prancis, pada 6 Juni mendatang.

Trofi itu merupakan penghargaan individu yang digunakan diberikan untuk Maradona dikarenakan ia bermetamorfosis menjadi pemain terbaik di Piala Bumi 1986. Pada Piala Global edisi yang disebutkan ia berubah menjadi kapten timnas Argentina serta berhasil menyebabkan timnya berubah jadi juara, sekaligus mencetak dua gol ikonik pada waktu berhadapan dengan Inggris dalam perempat final.

Pakar olahraga di Rumah Lelang Aguttes, Francois Thierry, mengatakan bahwa pelabelan kata legenda untuk Maradona sangat sesuai dengan prestasi yang tersebut diraih semasa hidupnya.

“Dia menyukai sepak bola seperti Muhammad Ali di dalam tinju atau Michael Jordan pada bola basket, sebuah ikon yang terpencil melampaui batas olahraganya. Dia tentu cuma merupakan salah satu atlet paling manusiawi yang tersebut pernah kita kenal, dengan kekuatan lalu kelemahannya,” kata Thierry di pernyataan resmi tercatat dalam laman resmi Aguttes.

“Anak emas "El Pibe de Oro" yang juga dijuluki "Dewa sepak bola", adalah tindakan hukum istimewa di sejarah sepak bola dunia, sebuah bakat yang digunakan alami lalu insting, pada karir yang tersebut dipenuhi dengan kilauan kejelian dengan kesuksesan serta kelebihan,” tambahnya.

Diego Armando Maradona dinobatkan sebagai “Pemain Abad ke-20” oleh FIFA, dengan dengan Pele, lalu trofi Bola Emas ini melambangkan pencapaian terbesarnya dan juga gol terbesarnya.

Sejak Piala Planet FIFA 1982, Trofi Bola Emas telah lama memberikan penghargaan untuk pemain terbaik pertandingan tersebut, juga dengan demikian merupakan salah satu penghargaan individu paling bergengsi di planet sepak bola.
 

Diego Maradona, ahli Argentina, sebelum pertandingan Argentina vs Nigeria ke FIFA World Cup, Afrika Selatan pada 12 Juni 2010. (REUTERS)

Maradona menerima trofi Bola Emas sebagai pemain terbaik Piala Planet pada Lido, Paris, Prancis, pada 13 November 1986. Hal ini merupakan sebuah karya unik pada sejarah sepak bola, penghargaan yang mana diberikan terhadap pemain paling simbolis pada olahraga ini, sama-sama Pele, kemudian merupakan yang dimaksud pertama ke bursa seni.

Sebelumnya tak ada trofi Bola Emas yang dimaksud dilelang. Museum FIFA menyimpan Bola Emas dari tahun 1990.

Pada lelang belakangan ini, kaus yang tersebut dikenakan Diego Maradona ketika pertandingan Piala Global 1986 berhadapan dengan Inggris, dikabarkan akan dijual dengan nilai tukar sekitar tujuh jt dolar.

Trofi yang dimaksud dijual oleh mantan pemain Inggris Steve Hodge yang tersebut bertukar kaus dengan Maradona pasca pertandingan klasik Piala Planet dengan Maradona mencetak gol “Tangan Tuhan” dan juga “Gol Abad Ini”.

Artikel ini disadur dari Trofi bola emas Diego Maradona di Piala Dunia 1986 akan dilelang