Humaniora

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446, Menag Ajak Perbaiki Diri dan juga Berikan Kontribusi

5
×

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446, Menag Ajak Perbaiki Diri dan juga Berikan Kontribusi

Sebarkan artikel ini
Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446, Menag Ajak Perbaiki Diri kemudian juga Berikan Kontribusi

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat Tahun Baru 1 Muharram 1446 H terhadap seluruh umat Islam pada Indonesia. Gus Yaqut panggilan akrab Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat menjadikan semangat Tahun Baru Islam sebagai inspirasi melakukan evaluasi dan juga perbaikan diri.

Tahun Baru Hijriah didasarkan pada perkembangan hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Menurut dia, hijrah tidak hanya sekali sekadar perpindahan tempat, tetapi juga simbol perjuangan juga pengorbanan di mencari ridha Allah SWT. Nabi Muhammad SAW menghadapi bervariasi tantangan serta rintangan, namun dengan kesabaran dan juga keikhlasan, beliau berhasil merancang rakyat yang dimaksud adil dan juga sejahtera pada Madinah.

“Pada momen berharga ini, mari kita meningkatkan rasa syukur menghadapi segala nikmat Allah SWT. Mari kita jadikan semangat hijrah sebagai inspirasi untuk terus berupaya memperbaiki diri serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, lalu agama,” pesannya ke Jakarta, Hari Sabtu (6/7/2024).

Dikatakan Menag, perjuangan Nabi Muhammad SAW telah terjadi menginspirasi para ulama pada memperjuangkan kemerdekaan kemudian memajukan bangsa. Para ulama seperti KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan, kemudian sejumlah lainnya telah dilakukan berjuang keras pada menyemai ajaran Islam dan juga mendirikan bangsa Indonesia.

“Mereka menghadapi beragam tantangan, namun dengan tekad yang tersebut kuat dan juga semangat yang tinggi, mereka berhasil mengakibatkan inovasi yang digunakan signifikan bagi umat Islam dan juga bangsa Indonesia,” ujarnya.

“Semoga Tahun Baru 1446 Hijriah ini menghadirkan keberkahan, kedamaian, juga kebahagiaan bagi kita semua. Mari kita songsong tahun baru ini dengan semangat baru, harapan baru, serta tekad yang dimaksud kuat untuk menjadi pribadi yang mana lebih banyak baik,” tandasnya.

Artikel ini disadur dari Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446, Menag Ajak Perbaiki Diri dan Berikan Kontribusi