Humaniora

Pengunduran Dirjen Aptika Kominfo, Ketua DPR: Pengganti Harus Lebih Kompeten

8
×

Pengunduran Dirjen Aptika Kominfo, Ketua DPR: Pengganti Harus Lebih Kompeten

Sebarkan artikel ini
Pengunduran Dirjen Aptika Kominfo, Ketua DPR: Pengganti Harus Lebih Kompeten

JAKARTA – Ketua DPR Puan Maharani menyoroti pengunduran diri Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi juga Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani. Dia memohonkan pemerintah menetapkan alternatif Semuel dengan individu yang mana kompeten.

Pengunduran Dirjen Aptika sebagai langkah yang mana berisiko. Atas dasar itu, Puan memohon kekosongan pejabat pada Kominfo tidaklah boleh berjalan pada waktu yang digunakan lama.

“Langkah ini juga berisiko atau miliki dampak positif kemudian negatif. Saya harap pemerintah segera mengisi kekosongan kepemimpinan dengan individu kompeten sekaligus menjamin upaya pemulihan juga peningkatan keamanan siber terus berjalan tanpa hambatan,” tegas Puan, Hari Jumat (5/7/2024).

Dia berharap pengunduran Semuel tiada mengganggu tahapan pemulihan kemudian peningkatan sistem keamanan Pusat Fakta Nasional Sementara (PDNS) yang mana sedang berlangsung. Pengunduran Semuel merupakan konsekuensi menghadapi tugas yang digunakan diemban.

Menurut Puan, penanganan gangguan mental siber diperlukan kolaborasi yang mana kuat antarlembaga pemerintah, swasta, kemudian seluruh stakeholder terkait rakyat sipil. Hal ini sebagai bentuk antisipasi sekaligus upaya menghadapi ancaman siber ke masa mendatang.

Berdasarkan informasi, pada 12 hari terakhir sedikitnya 239 instansi pemerintah pusat dan juga tempat terdampak serangan ransomware LockBit 3.0 ke PDNS 2 Surabaya. Hanya 43 instansi yang dimaksud tidak ada terdampak lantaran data utama tersimpan di dalam PDNS 1 Tangerang Selatan juga PDNS 3 Batam.

Sebagian layanan masyarakat masih terganggu akibat serangan siber yang dimaksud serta ketika ini masih di proses pemulihan. otoritas sudah pernah mewajibkan seluruh kementerian, lembaga, juga instansi mencadangkan data, salah satunya via cold site yang tersebut ditingkatkan berubah jadi hot site pada Batam.

Selain itu, pemerintah juga mengupayakan pengamanan data berlapis menggunakan cloud yang digunakan dipantau dengan segera Badan Siber serta Sandi Negara (BSSN).

Artikel ini disadur dari Pengunduran Dirjen Aptika Kominfo, Ketua DPR: Pengganti Harus Lebih Kompeten