Internasional

Pemimpin Hizbullah dan juga kelompok Hamas Bahas Gencatan Senjata Wilayah Gaza

7
×

Pemimpin Hizbullah dan juga kelompok Hamas Bahas Gencatan Senjata Wilayah Gaza

Sebarkan artikel ini
Pemimpin Hizbullah juga juga kelompok gerakan Hamas Bahas Gencatan Senjata Wilayah Wilayah Gaza

BEIRUT – Grup Hizbullah Lebanon mengumumkan pada hari terakhir pekan (5/7/2024) bahwa Sekretaris Jenderalnya Hassan Nasrallah mendiskusikan perkembangan terkini di Jalur Kawasan Gaza serta perundingan gencatan senjata dengan Wakil Kepala Inisiatif Palestina kelompok Hamas Khalil al-Hayya.

Dalam pernyataan, Hizbullah mengonfirmasi Nasrallah berubah menjadi tuan rumah delegasi gerakan Hamas yang dipimpin Al-Hayya, di mana dia meninjau perkembangan keamanan lalu urusan politik terkini di dalam Palestina, khususnya Gaza.

“Pertemuan yang dimaksud meninjau perkembangan keamanan kemudian urusan politik terkini di Palestina secara umum juga Kawasan Gaza secara khusus, dan juga keadaan front pendukung pada Lebanon, Yaman, kemudian Irak,” ungkap pernyataan tersebut.

Pernyataan yang disebutkan lebih besar lanjut menyebutkan, “Nasrallah lalu delegasi gerakan Hamas mengkaji perkembangan terkini di perundingan yang tersebut sedang berlangsung dan juga suasananya, bersatu dengan proposal yang dimaksud ditujukan untuk menghentikan agresi berbahaya terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.”

“Kedua pihak menegaskan kelanjutan koordinasi lapangan dan juga kebijakan pemerintah ke semua lini untuk mencapai tujuan yang mana diinginkan,” papar pernyataan itu menyimpulkan.

Kemungkinan Kesepakatan

Pada Rabu, pergerakan Palestina kelompok Hamas mengumumkan merek sudah mengatur tanggapan terhadap usulan gencatan senjata.

Pejabat negara Israel dilaporkan mengindikasikan tanggapan yang disebutkan telah terjadi memberi harapan bagi para mediator, meskipun sejumlah permasalahan masih diperlukan diselesaikan. Rincian permasalahan ini tiada diungkapkan.

Pada Kamis, Utama Menteri tanah Israel Benjamin Netanyahu menyetujui pengiriman kelompok negosiasi ke Doha pasca tanah Israel menerima tanggapan dari gerakan Hamas mengenai usulan perjanjian pertukaran tahanan.

Baik Israel, Hamas, maupun para mediator belum merilis rincian tanggapan yang dimaksud diberikan gerakan Hamas pada Rabu.

Kantor berita Media Reuters melaporkan pada Hari Jumat bahwa delegasi Amerika juga akan berpartisipasi di pertarungan Doha.

Artikel ini disadur dari Pemimpin Hizbullah dan Hamas Bahas Gencatan Senjata Gaza