Internasional

Masoud Pezeshkian Jadi Presiden Baru Iran, Hal ini Respons Raja Salman Arab Saudi

7
×

Masoud Pezeshkian Jadi Presiden Baru Iran, Hal ini Respons Raja Salman Arab Saudi

Sebarkan artikel ini
Masoud Pezeshkian Jadi Presiden Baru Iran, Hal ini Respons Raja Salman Arab Saudi

RIYADH – Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Kerajaan Arab Saudi dan juga Putra Mahkota Mohammed bin Salman merespons baik terpilihnya Masoud Pezeshkian sebagai presiden baru Iran setelahnya mengungguli pemilu.

“Pada kesempatan kemenangan Anda pada pemilihan presiden di dalam Republik Islam Iran, kami dengan senang hati menyampaikan ucapan selamat yang tersebut tulus lalu harapan terbaik untuk kesuksesan, berharap untuk terus mengembangkan hubungan antara kedua negara dan juga masyarakat persaudaraan kami, serta melanjutkan koordinasi lalu konsultasi untuk meningkatkan perdamaian dan juga keamanan regional dan juga internasional,” kata Raja Salman, seperti dikutipkan dari Saudi Press Agency (SPA), Akhir Pekan (7/7/2024).

“Kami mendoakan kesegaran juga kebahagiaan yang baik bagi Anda, dan juga persaudaraan rakyat Republik Islam Iran, kemajuan kemudian kemakmuran lebih tinggi lanjut,” lanjut Raja Salman.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman juga menyampaikan ucapan serupa.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang mana tulus serta harapan terbaiknya melawan kesuksesan dan juga kemajuan lebih banyak lanjut bagi negara Anda dan juga rakyatnya,” katanya, menyoroti keinginan Arab Saudi untuk mengembangkan kemudian memperdalam hubungan yang mempersatukan kedua negara serta masyarakatnya, juga melayani kepentingan bersama.

Pezeshkian, satu-satunya kandidat reformis Iran di pemilihan presiden terbaru, telah terjadi bangkit dari ketidakjelasan berubah menjadi presiden kesembilan Republik Islam tersebut.

Dia meraih kemenangan sekitar 53,6 persen pendapat pada putaran kedua pemilihan presiden menghadapi Saeed Jalili yang mana ultrakonservatif.

Pezeshkian menggantikan tempat Presiden Ebrahim Raisi yang mana meninggal pada kecelakaan helikopter pada Mei lalu.

Pada Maret 2023, Iran kemudian Arab Saudi melakukan penandatanganan kesepakatan penting yang ditengahi China untuk merancang kembali hubungan setelahnya bertahun-tahun terlibat persaingan regional.

Sejak itu, para pejabat dari kedua belah pihak terus melakukan pembicaraan untuk meningkatkan hubungan.

Artikel ini disadur dari Masoud Pezeshkian Jadi Presiden Baru Iran, Ini Respons Raja Salman Arab Saudi