Internasional

Kapal Perang Tercanggih Rusia Muncul di Venezuela, Ada Apa?

8
×

Kapal Perang Tercanggih Rusia Muncul di Venezuela, Ada Apa?

Sebarkan artikel ini
Kapal Perang Tercanggih Rusia Muncul dalam Venezuela, Ada Apa?

CARACAS – Admiral Gorshkov, salah satu kapal konflik tercanggih Rusia yang mampu menghadirkan rudal hipersonik, sudah berlabuh pada Venezuela sejak Selasa.

Kapal peperangan itu tiba dengan kapal tanker minyak Academic Pashin. Keduanya, bagian dari Armada Utara Rusia, berlabuh ke La Guaira.

Belum jelas misi utama dari penampilan kapal konflik Kota Moskow pada Venezuela di berada dalam konflik Rusia berperang melawan Ukraina. Namun Venezuela dikenal sebagai salah satu negara yang digunakan bermusuhan dengan Amerika Serikat.

Kementerian Keamanan Rusia berdalih tujuan utama kunjungan kapal-kapal Armada Utara itu untuk menunjukkan menjamin peluncuran Angkatan Laut Wilayah Moskow di wilayah yang digunakan secara operasional penting pada Samudra Atlantik.

Kedua kapal itu sama-sama dengan kapal selam bertenaga nuklir Rusia pada bulan sesudah itu menyambangi Kuba setelahnya menyelesaikan latihan pemanfaatan senjata rudal presisi tinggi.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro adalah pendukung kuat Presiden Rusia Vladimir Putin, yang ia gambarkan sebagai “kakak kami”.

Kunjungan kapal-kapal militer Rusia itu berlangsung ketika Maduro berupaya untuk terpilih kembali pada pilpres 28 Juli.

Rusia adalah sekutu utama pemerintahan sayap kiri Maduro, yang mana telah dilakukan mengatur keruntuhan kegiatan ekonomi negara kaya minyak yang dimaksud kemudian berada pada bawah sanksi Barat yang mana bertujuan memaksa Maduro turun dari kekuasaan.

“Panggilan industri akan berlangsung beberapa hari, setelahnya itu para pelaut Armada Utara akan terus melaksanakan tugas dia ke perairan Samudra Atlantik,” kata Kementerian Defense Rusia.

Artikel ini disadur dari Kapal Perang Tercanggih Rusia Muncul di Venezuela, Ada Apa?