Internasional

Jenderal Amerika: Penarikan Sekitar 1.000 Tentara Negeri Paman Sam dari Niger Hampir Rampung

9
×

Jenderal Amerika: Penarikan Sekitar 1.000 Tentara Negeri Paman Sam dari Niger Hampir Rampung

Sebarkan artikel ini
Jenderal Amerika: Penarikan Sekitar 1.000 Tentara Negeri Paman Sam dari Niger Hampir Rampung

NIAMEY – Penarikan sekitar 1.000 tentara Amerika Serikat (AS) dari Pangkalan Atmosfer 101 ke Niger hampir selesai. Demikian disampaikan pejabat besar Komando AS-Afrika, Mayor Jenderal Kenneth Ekman.

Upacara perpisahan yang mana didedikasikan untuk pemberangkatan pesawat angkut C-17 Globemaster III terakhir dari pangkalan tersebut, yang tersebut terletak pada sebelah bandara internasional pada Ibu Daerah Perkotaan Niger, Niamey, dijadwalkan berlangsung pada hari Mingguan (7/7/2024).

“Pemerintah Niger akan mengambil kendali berhadapan dengan bekas wilayah kemudian infrastruktur Amerika pasca pasukan Amerika berangkat dari negara Afrika Barat tersebut,” kata Ekman untuk Reuters melalui tautan video.

Pemerintahan baru, yang tersebut berkuasa tahunan yang tersebut tak lama kemudian pasca menggulingkan presiden pro-Barat; Mohamed Bazoum, mendesak Washington awal tahun ini untuk memindahkan pasukannya yang dimaksud berjumlah sekitar 1.000 personel hingga batas waktu 15 September.

Niamey memaparkan Amerika telah lama gagal memenuhi janji dia untuk membantu Niger di memerangi militan jihad yang dimaksud telah lama melanda wilayah Sahel selama beberapa dekade.

Menurut laporan Reuters, meskipun pengunduran tentara Negeri Paman Sam belum selesai, instruktur Rusia telah lama dikerahkan ke Pangkalan Atmosfer 101 dengan tujuan memberikan pelatihan untuk militer Niger.

“Ketika saya terakhir kali berbicara dengan teman bicara Nigeria, ia menghitung peluncuran pasukan Rusia pada bawah 100 orang. Dan ia juga berbicara tentang di mana Rusia selesai melatih mereka, merekan mengungkapkan untuk Rusia bahwa merek [pasukan AS] harus pulang,” kata Ekman, yang tersebut mengawasi keberangkatan pasukan Amerika dari negara tersebut.

AS, kata sang jenderal, selanjutnya akan fokus pada pembersihan Pangkalan Lingkungan 201, sarana drone senilai USD100 jt di dalam dekat kota Agadez pada Niger tengah.

Menurutnya, evakuasi pasukan Negeri Paman Sam dari prasarana yang dimaksud kemungkinan akan selesai pada bulan Agustus, lebih besar cepat dari jadwal yang ditentukan.

Artikel ini disadur dari Jenderal Amerika: Penarikan Sekitar 1.000 Tentara AS dari Niger Hampir Rampung