Internasional

Hadapi China, Negeri Paman Sam Ganti Armada F-16 ke Jepun dengan 48 Jet Tempur Siluman F-35

7
×

Hadapi China, Negeri Paman Sam Ganti Armada F-16 ke Jepun dengan 48 Jet Tempur Siluman F-35

Sebarkan artikel ini
Hadapi China, Negeri Paman Sam Ganti Armada F-16 ke Jepun dengan 48 Jet Tempur Siluman F-35

WASHINGTON Amerika Serikat (AS) akan melipatgandakan kekuatan udaranya di dalam Pasifik untuk menghadapi peluang konflik dengan China.

Salah satu upgrade besar-besaran itu adalah mengganti armada 36 unit pesawat F-16 Fighting Falcon-nya di dalam Negeri Sakura dengan 48 unit jet tempur siluman F-35A.

Departemen Keamanan Negeri Paman Sam telah dilakukan merilis informasi mengenai rencana modernisasi baru untuk armada pesawat tempurnya yang dimaksud berbasis ke Negeri Matahari Terbit pada hari Rabu.

“Upaya yang dimaksud akan memakan waktu beberapa tahun juga mencerminkan lebih besar dari USD10 miliar penanaman modal kemampuan untuk meningkatkan aliansi AS-Jepang, meningkatkan pencegahan regional, kemudian menguatkan perdamaian kemudian stabilitas pada kawasan Indo-Pasifik,” kata departemen yang disebutkan di pengumumannya pada Rabu, seperti diambil dari Business Insider, Kamis (4/7/2024).

Lebih detail, sebagai bagian dari rencana tersebut, Angkatan Lingkungan Amerika akan mengganti hampir 50 unit F-15C dan juga F-15D di Pangkalan Udara Bebas Kadena dengan 36 pesawat tempur F-15EX Eagle II.

Kemudian pada Pangkalan Udara Bebas Korps Marinir Iwakuni, jumlah total jet tempur siluman F-35B—yang mampu lepas landas dari landasan pendek juga kapal serbu amfibi—akan dimodifikasi untuk lebih lanjut menggalang rencana modernisasi AS.

Selanjutnya, yang paling menonjol, peluncuran Angkatan Udara Bebas Amerika Serikat pada Pangkalan Atmosfer Misawa diperbarui dengan 48 pesawat tempur siluman F-35A menggantikan 36 pesawat tempur multiperan F-16 Fighting Falcon.

“Yang menciptakan kapasitas dan juga kemampuan pesawat taktis yang dimaksud lebih besar besar,” imbuh Departemen Perlindungan AS.

Langkah seperti itu akan bermetamorfosis menjadi lompatan maju bagi kekuatan udara Amerika dalam Jepang, dengan menghadirkan jet tempur generasi kelima ke pangkalan-pangkalan yang digunakan berada dengan segera ke garis kemungkinan konflik dengan china, sehingga menambah kemampuan tempur armada F-22 Raptor di dalam Kadena.

Artikel ini disadur dari Hadapi China, AS Ganti Armada F-16 di Jepang dengan 48 Jet Tempur Siluman F-35