Humaniora

AHY Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri

10
×

AHY Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri

Sebarkan artikel ini
AHY Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri

SURABAYA – Menteri Agraria serta Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengutarakan beberapa sertifikat tanah wakaf ke Kompleks Pemakaman Sunan Giri. Penyerahan sertifikat diwujudkan ke Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri , Jawa Timur.

Saat langkah-langkah penyerahan, AHY turut didampingi Wakil Pengurus Jawa Timur Emil Dardak beserta jajanan Kementerian ATR/BPN. AHY mengemukakan empat sertifikat yang digunakan terdiri dari sertifikat Yayasan Makam Sunan Giri Kebomas Gresik yang digunakan diperuntukkan bagi kegiatan sosial keagamaan.

Lalu, Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri yang tersebut diperuntukkan bagi kegiatan ibadah umat muslim setempat. Dua sertifikat lainnya adalah sertifikat Yayasan Pondok Pesantren Darul Insan Gresik yang digunakan diperuntukkan bagi sekolah keagamaan, lalu sertifikat Musala Baitur Rahman.

“Alhamdulillah, hari ini kami izin ada empat sertifikat wakaf yang sudah ada kami sampaikan. Sertifikat tanah Wakaf Yayasan Sunan Giri, makamnya,” kata AHY, hari terakhir pekan (5/7/2024).

Masjid yang tersebut didirikan tahun 1500 itu selama ini belum bersertifikat. Dengan adanya sertifikat, AHY berharap Masjid Ainul Yaqin bisa jadi berubah menjadi tempat ibadah yang mana semakin nyenyak serta tenang.

“Dari tahun 1500 alhamdulillah hari ini ada sertifikatnya sehingga jelas statusnya formal dari pemerintah. Mudah-mudahan dengan terbitnya sertifikat ini menjadi berkah, komunitas yang beribadah semakin senyaman kemudian tenang dari untuk tempat beribadah,” ujar AHY.

AHY berpesan, jangan sampai masjid yang dimaksud sudah ada ada sejak tahun 1500 ini tidaklah jelas statusnya. “Oleh dikarenakan itu melawan nama pemerintah menghadapi nama Kemen ATR/BPN kami memaparkan sertifikat tadi untuk digunakan dengan semestinya,” pungkas AHY.

Sejumlah sertifikat yang diserahkan merupakan bagian dari komitmen Kementerian ATR/BPN pada melaksanakan Aksi Nasional Sertifikasi Rumah Ibadah kemudian Pesantren. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang tersebut memohonkan agar kebebasan beragama kemudian beribadah seluruh umat sanggup terjamin secara aman.

Dalam kunjungan kerja pada hari pertamanya, AHY juga menyempatkan waktu untuk berziarah ke Makam Sunan Giri.

Artikel ini disadur dari AHY Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri